MOBILE BIOREFINERY UNIT

oleh : M. Yusuf Abduh, Nurhayati Br Tarigan, Bagoes Inderaja

Perkembangan teknologi yang yang semakin bergantung pada sumber energi menyebabakan peningkatan jumlah konsumsi bahan bakar fosil yang terdiri dari minyak bumi, batu bara dan gas alam. Keterbatasan sumber utama bahan bakar menyebabkan dibutuhkan sumber energi alternatif dari biomassa.

Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan mobile biorefinery unit (MBU) berbasis biomassa lokal yang melimpah di daerah terpencil di Indonesia. Mobile biorefinery unit yang akan dikembangkan merupakan unit produksi bioproduk bergerak yang terdiri dari sebuah truk yang di dalamnya ada rangkaian unit operasi untuk mengkonversi biomassa menjadi bioproduk misalnya biodiesel. Kelebihan dari mobile biorefinery unit ini adalah dapat menjangkau daerah terpencil untuk mengolah biomassa yang ada di daerah tersebut untuk menghasilkan bioproduk sesuai kebutuhan masyarakat di lokasi tersebut sehingga dapat mengurangi rantai pasok.

Salah satu biomassa yang dapat menjadi bahan baku mobile biorefinery unit adalah biji karet. Indonesia memiliki lahan perkebunan karet paling luas di dunia dan merupakan produsen lateks terbesar kedua di dunia. Hasil utama tanaman karet sampai saat ini adalah lateks sedangkan hasil alam lainnya seperti biji karet masih belum dimanfaatkan dengan baik. Biji karet mempunyai kandungan minyak yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku potensial untuk menghasilkan biodiesel melalui proses transesterifikasi menggunakan alat Continuous Centrifugal Contactor Separator. Alat ini dapat menghasilkan dan memisahkan biodiesel dari produk samping gliserol secara simultan sehingga dapat meningkatkan efisiensi proses.

Selain biodiesel, biji karet juga dapat menghasilkan bioproduk lainnya. Ampas biji karet mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga bisa dihidrolisis untuk menghasilkan hidrolisat protein. Biodiesel yang dihasilkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi sedangkan produk samping yang dihasilkan yaitu hidrolisat protein dapat memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat. Mobile biorefinery unit ini diharapkan dapat diaplikaskan di daerah terpencil yang banyak tersebar di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan sumber biomassa yang ada untuk memenuhi kebutuhan energi dan pakan ternak masyarakat sekaligus menggerakan perekonomian lokal untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *