Workshop BSF: Kolaborasi BIOS X Komunitas 1000 Kebun

Ramai dan penuh antusiasme. Itulah yang menggambarkan suasana pagi hari ini (12 /8/2018) di Warung 1000 Kebun yang terletak di daerah Arcamanik, Bandung. Warung yang digagas sebagai badan bisnis oleh Komunitas 1000 Kebun ini rutin mengadakan program NGERUK! (Ngebon Seru Yuk!) yang seringkali menjadi ajang workshop cuma-cuma bagi masyarakat sekitar.

Program NGERUK! yang biasanya membahas soal kiat-kiat berkebun, hari ini tampil beda dengan kolaborasi bersama Biorefinery Society (BIOS). Workshop yang berlangsung selama 2 jam ini membahas mengenai serba-serbi lalat Black Soldiers Fly (BSF) mulai dari pengenalan singkat, budidaya, siklus hidup, hingga pengolahan dan pemanfaatannya.

Kerjasama 1000 Kebun dengan BIOS ini dilakukan sebagai ajang tukar ilmu dan hilirisasi riset kampus kepada masyarakat umum agar dapat diterapkan secara nyata. Selain itu, topik BSF merupakan topik yang sedang hangat diperbincangkan dalam dunia penelitian maupun perkebunan sehingga BIOS merasa perlu memberikan sharing session agar kebermanfaatan dari budidaya BSF dapat semakin tersebar luas.

Peserta workshop terlihat sangat tertarik ketika BIOS memaparkan bahwa BSF ini rupanya dapat dibudidaya secara mandiri dalam skala rumah tangga dengan pemberian pakan berupa limbah organik sisa makanan. Pengelolaan BSF pun tidak sulit dan hasilnya membuahkan banyak manfaat. Peserta workshop yang mayoritas merupakan anggota komunitas 1000 Kebun tentunya dapat mengambil hasil samping budidaya BSF yaitu sisa pakannya sebagai alternatif pupuk organik. Tidak hanya itu saja, para penggiat ternak ikan pun dapat mengambil manfaat dari budidaya BSF dengan memanfaatkan larvanya yang kaya protein (40-50%) sebagai pengganti pakan ikan. Keren sekali, kan?

 

Di akhir workshop, terdapat sesi diskusi antar pemateri dan peserta. Banyak pertanyaan dan juga insight mengenai BSF yang membuat obrolan semakin hangat. Salah satu komentar dari peserta yang sangat berkesan adalah, “Saya percaya bahwa BSF ini sedikit banyak bisa membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Kenapa? Bisa kita lihat dari proteinnya yang tinggi, lalu kita kasih makan ke ayam atau ikan. Ayam dan ikan dapat nutrisi tinggi, manusia yang memakannya kemudian pun juga ikut mendapat nutrisi tinggi. Nutrisi tinggi ini bisa membantu anak-anak untuk belajar lebih baik”. Tepuk tangan!

Sesi workshop kemudian berakhir dengan foto bersama. Peserta workshop pun sangat senang ketika mereka diperbolehkan untuk membawa pulang larva BSF agar dapat secata langsung melakukan praktik budidaya di rumah masing-masing. Kabar bahagianya, workshop BIOSX1000 Kebun ini belum akan menjadi yang terakhir. Masih ada workshop bagian 2 yang tentunya tidak kalah seru! Praktik oleh peserta secara langsung akan dilakukan di workshop yang akan datang. So, stay tune yaa! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *