BUKU

Biorefinery Karet

Seri ke-3 dari seri buku “Dari ITB untuk Indonesia” ini menggambarkan bagaimana selama ini masyarakat hanya memanfaatkan lateks sebagai produk utama di perkebunan karet. Padahal ada biji dan daun karet yang jumlahnya banyak dan belum banyak dilirik untuk diolah menjadi produk bermanfaat.

Biorefinery Padi

Buku ini merupakan seri ke-2 dari seri buku “Dari ITB untuk Indonesia”. Buku ini menceritakan bagaimana cara mengoptimalkan hasil pada pertanian padi, bukan hanya peningkatan produktivitas beras, namun juga pemanfaatan sekam dan jerami menjadi produk yang bernilai lebih tinggi.

Biorefinery Kemiri Sunan

Buku ini adalah karya masyarakat Biorefinery Society dan diterbitkan oleh Institut Teknologi Bandung. Buku ini memberikan gambaran luas mengenai pemanfaatan kemiri sunan dengan menggunakan konsep biorefinery sehingga dapat meningkatkan pendapatan, menurunkan limbah, dan mengoptimalkan produktivitas pada sistem produksi kemiri sunan.

Biobased products from rubber, jatropha, and sunflower oil

Buku ini adalah hasil disertasi Dr. M. Yusuf Abduh di University of Groningen, Belanda dan menceritakan mengenai beberapa produk berbasis hayati dari tanaman karet, jarak pagar dan bunga matahari menggunakan beberapa teknologi yang berbeda.