INSIDEOUTSIDE 2018

SELAMAT KEPADA TIM AGRICHINE !!

Inside Outside 2018 adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh Biorefinery Society untuk merancang Mobile Depulper Unit (MDU) dengan tema “Valorisasi Kopi Jawa Barat.

Setelah proses penjurian, dipilihlah Tim AgriChine yang beranggotakan Abdul Aziz Ibnu Husni (Rekayasa Pertanian 2015), Yuzar Arigi (Teknik Mesin 2015) dan Fikri Barry Alfian (Teknik Mesin 2015) sebagai pemenang.

Tim Agrichine mendesain inovasi mesin depulper dengan judul:

“Rancang Bangun Mesin Pulper yang Terintegrasi dengan Alat Penyortir Ceri Kopi untuk Meningkatkan Produktivitas Kopi Kelompok Tani Mekar Barokah, Sumedang”.

[Artikel selengkapnya]

Apa itu INSIDE OUTSIDE?

Biorefinery Society (BIOS) berinisiatif untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani kopi Jawa Barat dengan mengadakan sayembara
Inside-Outside yang bertemakanValorisasi Kopi Jawa Barat”.

Program ini diharapkan dapat menjaring ide brilian dari mahasiswa penggerak perubahan yang ada di Jawa Barat untuk merancang Mobile Depulper Unit (MDU) dan mereasisasikannya di perkebunan kopi di Jawa Barat khususnya, dan Indonesia secara umum.

MDU yang digagas oleh BIOS bertujuan untuk mewujudkan mobilisasi teknologi tepat guna supaya para petani kopi skala kecil dapat memiliki akses yang lebih fleksibel terhadap alat tersebut. Harapannya, para petani kopi dapat memanfaatkan alat tersebut untuk mengolah lebih lanjut ceri kopi menjadi biji kopi hijau sehingga akan dapat meningatkan penghasilan mereka dari Rp. 1.374.000/hektar menjadi tiga kali lebih besar. Peningkatan penghasilan tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah petani kopi yang beralih ke komoditas lain dan secara bertahap dapat dilakukan peningkatan kualitas sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kopi di Indonesia.

Persyaratan :

  1. Peserta Inside Outside 2018: Lomba Desain Rancangan Mobile Pulper Unit adalah mahasiswa aktif di perguruan tinggi negeri/ swasta di seluruh wilayah Jawa Barat yang dibuktikan dengan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Peserta boleh individual atau kelompok
  3. Bagi yang berkelompok diharuskan berasal dari universitas yang sama dengan jumlah anggota maksimal sebanyak 3 orang. Anggota kelompok diperbolehkan dari displin ilmu yg berbeda
  4. Tidak ada biaya pendaftaran

* Jika terjadi perubahan informasi dan ketentuan, akan diinfokan kemudian

Untuk tahap I, setiap peserta wajib mengirim abstrak, formulir pendaftaran dan scan KTM bentuk PDF ke info@3-bio.com dengan subject email EO2018_Nama ketua tim_Nama perguruan tinggi_Nama desain. Setelah melakukan pengiriman abstrak, peserta wajib melakukan konfirmasi ke panitia via SMA/WA dengan format:  EO2018_ Nama ketua tim_Nama perguruan tinggi_Nama desain ke 0878-8567-3296

Download Formulir Pendaftaran
Download BukuPanduan